Lingkaran disekitar kita

Dalam kehidupannya, manusia sejatinya berada dalam tiga lingkaran ☺

Lingkaran pertama, adalah area dimana ia bisa melakukan sesuatu untuk “merubah” keadaan. Lingkaran kedua adalah area dimana orang disekitarnya yang “mampu” untuk merubah keadaan. Sementara lingkaran ketiga, adalah area dimana orang disekitarnya pun tidak mampu untuk “merubah”.

Adakalanya, bahkan setiap waktu, berita di TV yg kita tonton, koran yg kita baca, artikel internet yg kita baca lewat smartphone kita, nampak manusia selalu membicarakan lingkaran2 ketiga yg semua ada diluar jangkauannya ☺

Amerika penjajah!,”Presiden g becus”, “dollar naik terus!”, israel bidab!, menteri A kerjanya ga bener!, menteri B ga bisa kerja, dll. Adalah beberapa statement lingkaran terluar kita, yg mana org disekitar kita pun belum tentu dapat merubahnya.

Lingkaran kedua, adalah area dimana org disekitar kita mampu melakukan perubahan ke arah lebih baik, sementara lingkaran terdekat adalah area dimana kita dapat melakukan action untuk lebih baik.

Banyak manusia menghabiskan energi pada lingkaran ketiga yg diluar area kekuasaannya, dan kemampuannya, percuma, buang2 energi saja,

Mari kita balik keadaannya, berikan energi lebih untuk merubah hal2 yg kurang baik yg masih dalam lingkaran kita, melakukan usaha persuasi pada org disekitar kita untuk melakukan perubahan lebih baik. Dan melakukan hal yang tepat dan sesuai sasaran untuk berusaha merubah lingkaran terluar kita.

Wallahualam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s