Kafir

seringkali kita mendengar kata kafir. Bahkan kamus besar bahasa indonesia pun telah mengartikannya sebagai berikut;

ka·fir ; orang yg tidak percaya kpd Allah dan rasul-Nya;

image

*Kafir*

Pembagian kelompok org2 kafir menurut khulafaurrasyidin dan ulama terdahulu adalah sbb :

*kafir harbi* ; orang kafir yg mengganggu dan mengacau keselamatan Islam sehingga wajib diperangi;

*kafir muahid* ; orang kafir yg telah mengadakan perjanjian dng umat Islam bahwa mereka tidak akan menyerang atau bermusuhan dng umat Islam selama perjanjian berlaku;

*kafir zimi* ; orang kafir yg tunduk kpd pemerintahan Islam dng kewajiban membayar pajak bagi yg mampu;

Sedangkan definisi kafir menurut Quran ada banyak kriteria, gak cuma org yg tidak percaya (beriman) pada Allah dan rasulNya. Beberapa definisi kafir dalam alquran adalah sbb;

_Qs almaidah : 72_
Sesungguhnya telah *kafir* orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah ialah Yesus putera Maria”

_Qs ibrahim : 2-3_
“Allah-lah yang memiliki segala apa yang di langit dan di bumi. kecelakaanlah bagi orang-orang *kafir* karena siksaan yang sangat pedih, (yaitu) orang-orang yang lebih menyukai kehidupan dunia dari pada kehidupan akhirat, dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah dan menginginkan agar jalan Allah itu bengkok. Mereka itu berada dalam kesesatan yang jauh.”

_alkahfi : 100-102_
“dan Kami nampakkan Jahannam pada hari itu kepada orang-orang *kafir* dengan jelas, yaitu orang-orang yang matanya dalam keadaan tertutup dari memperhatikan tanda-tanda kebesaran-Ku, dan adalah mereka tidak sanggup mendengar. maka apakah orang-orang *kafir* menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hambaKu menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang *kafir*.”

_al-maidah : 44_
“Barangsiapa yang tidak berhukum dengan apa yang diturunkan oleh Allah (alquran) maka mereka itulah orang-orang yang *kafir*”

_Dan masih banyak lg definisi kafir dalam alQuran, silakan dibaca quran dan terjemahannya_

hmmmmmff…. sepertinya, orang yang ktp-nya islam pun masih ada potensi ia menjadi ikafir.

Semoga kita semakin tidak mudah mengkafirkan orang lain, dan memperhatikan potensi kadar kafir diri pribadi, introspeksi diri. Karena perubahan negeri ini ke arah yg lebih baik, dimulai dari perubahan pribadi masing-masing diri kita.

wallahualam bisshowab

Leave a comment