Perbedaan Maaf dan Ampunan

Bismillahirrahmanirrahim,

Kesalahan adalah sesuatu yg kau anggap benar, akan tetapi itu sebenarnya salah (Belum mengerti). Dosa adalah sesuatu yg tetap kau lakukan meski kau tau itu ga bener (Udah ngerti salah tapi tetap dilakukan).

Sebelumnya, isi tulisan ini hanyalah opini sederhana dari penulis. Kebenaran sejati hanya ada di sisi Allah swt.

Tulisan ini terinspirasi oleh materi kajian dari ustad pengisi di kantor beberapa minggu yang lalu. Beliau menjelaskan perbedaan sifat Allah swt antara al-afwu (yang Maha Pemaaf) dan Al-Ghofar (yang Maha Pengampun).

Ada perbedaan kata yang mencerminkan perbedaan makna antara maaf dan ampunan. Maaf diperuntukkan bagi orang yang bersalah, yang belum mengetahui kebenaran akan sesuatu, maka ia dimaafkan. Adapun ampunan, diperuntukkan bagi seorang yang telah mengetahui bahwa yang dilakukan itu salah, akan tetapi ia tetap melakukannya.

Bagaimana dengan orang yang belum mengetahui kebenaran siapa penciptanya?

Semua bergantung pada kebesaran Allah swt untuk memaafkannya, Allah swt telah mengkaruniakan kamera tercanggih (mata), Speaker tercanggih (Mulut), Processor tercanggih (Pikiran), dll. Bila seseorang belum mampu mencari tahu siapa Tuhan penciptanya, maka semoga Tuhan Sang Pencipta Memaafkannya.

Bagaimana dengan orang yang telah mengetahui, namun ia lalai?

Semua bergantung pada kebesaran Allah swt untuk mengampuninya.Seringkali kita tahu bahwa telah masuk waktu shalat, akan tetapi kita dengan enteng menundanya. Sering kali kita tahu bahwa riba itu haram, akan tetapi kita masih sering kali bermain – main dengannya. Sering kali kita tahu bahwa AlQuran adalah petunjuk, pedoman hidup dunia – akhirat dariNya, akan tetapi kita masih bermalas – malasan mempelajari dan mengamalkan isinya.

Rabbighfirli, wa’fu’anni ya robbi….

Ampuni kami, maafkan kami wahai Tuhan kami,,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s