Nama – nama yang diketahui Adam AS

Al Baqarah 31

Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!”

menyesal-1024x1024

Tafsir kontemporer membuat penulis berimajinasi seakan Adam AS diajarkan nama2 benda2 seperti ; meja, kursi, laptop, cermin, batu, air, api, dlsb. Sesederhana itukah? Semudah itukah manusia pertama dibekali untuk mengemban misi yang bahkan seisi langit dan bumi enggan menanggung amanah itu?

Seiring berjalannya waktu, penulis mulai mencari tau “nama – nama” itu sebenarnya🙂

Video di atas membuat penulis sedikit memaknai “nama – nama” itu dari sudut pandang yg lain. Video-nya panjang sih, silakan dilihat kalau ada waktu senggang, kemauan dan kemampuan untuk melakukannya.

Singkat cerita, asma’ atau nama-nama yang dikuasai Nabi Adam AS telah membuatnya menjadi makhluk yang “Berilmu”. Kemampuan untuk mengenal konsep – konsep di dalam ilmu pengetahuan. Kemampuan untuk “Memilih” Takdir mana yang akan dilaluinya. Kemampuan untuk “merubah” suatu ketetapan Allah SWT menjadi ketetapan Allah yang lain.

Asma’ adalah sunnatullah – sunnatullah yang telah terangkum dalam jagad raya ini. Silakan dilihat atau didownload videonya🙂

 

Ath Thuur 48

Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s