Poliguamy

Poligami… hmmmm….
kata tersebut seringkali menjadi dalih bagi orang2 yang belum mengerti islam untuk semakin memantapkan pendiriannya.

image


Akan tetapi bila ditinjau dengan pemahaman yang mumpuni, maka kita akan semakin mempercayai bahwa alquran adalah untaian firman tuhan.

Firman tuhan yang kerap dijadikan dalih seseorang untuk berpoligami adalah qs 4:3

4:3. Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

mari kita preteli ayat di atas. Kalimat awalnya ;

1. jika kamu takut tidak dapat berlaku adil; Islam mengajarkan penganutnya untuk senantiasa berlaku adil.

2. Pada wanita “yatim” yang kamu nikahi; kata yatim dalam alquran bermakna pasrah sepenuhnya kepada skenario sang pencipta. Seperti tulisan pada post kami terdahulu. Artinya, bila istri anda adalah wanita taat, seorang yang pasrah sepenuhnya pada ketentuan tuhannya, dan anda takut bila anda berbuat ketidakadilan padanya dalam hal pemberian nafkah, kasih sayang,  dll, maka anda diizinkan menikahi wanita lain, dengan tujuan sebagai sarana pembanding tolok ukur keadilan yang anda lakukan. Bukan sebagai sarana pelampiasan nafsu (lihat ayat).

3. Maka kawinilah wanita lain yang kamu senangi,  2, 3 atau 4; ada pembatasan nominal disini. Bila tujuannya melaksanakan perintahnya untuk menegakkan keadilan, batasan nominalnya 4.

4. Bila kamu takut tidak dapat berlaku adil, maka kawinilah seorang saja atau budak2 yang kamu miliki. yang demikian itu lebih dekat dari perbuatan tidak aniaya ; Maha suci Allah,  ia menyuruh manusia ciptaannya untuk sebisa mungkin berlaku adil. Untuk budak, bila si budak punya anak dari tuannya, maka anaknya otomatis bukanlah seorang budak. Akan tetapi bila ia punya anak dari sesama budak, maka anaknya nantinya akan menjadi budak pula. Islam adalah agama yang mengikis sistem perbudakan di bumi dengan pemberlakuan aturan semacam ini.

Tidak ada Tuhan selain Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s