Kisah seorang santri

Coretan kali ini adalah tentang kisah hidup seorang santri.

image

Sebut saja namanya bunga. Sejak kecil, ia sudah tampak lebih menonjol daripada teman sebayanya.

Bunga sangat salehah. Ia cepat menyerap materi yg diberikan oleh guru mursyidnya.
Merupakan kewajiban bagi seorang santri untuk dapat menghafal alquran. Banyak metode yg digunakan.  Ada yg menghafal karena hukuman,  ada pula yg menghafal karena kesadaran. Menghafal dengan hukuman,  biasanya dengan cara memasukkan santri yg bersangkutan kedalaman gentong besar, dengan sebuah lampu minyak di dalamnya sebagai penerangan. Bunga seringkali menerima hukuman model ini dari gurunya.

Hingga suatu hari bunga sudah beranjak baligh, ia mulai sadar akan pentingnya menghafal firman tuhan. Ia pun mencoba menghafal ayat per ayat setiap harinya. Dasar bunga anak yg bengal, ia pun sering lupa dan kesulitan untuk menghafal.

Waktu pun berlalu, hingga suatu ketika bunga tertimpa kecelakaan. Mata cantiknya buta. Tak mampu melihat indahnya dunia lagi. Bunga pun sedih. Menangis setiap harinya. Menyesali nasib yg menimpanya.

Hari demi hari, dilalui bunga dengan berat. Hingga akhirnya ia menyadari bahwa semua yg terjadi di dunia ini adalah yg terbaik bagi hambaNya. Kapal yg ditenggelamkan nabi khidir, anak kecil yg dibunuhnya, dan tembok yg ditegakkannya. Semua adalah skenario yg terbaik dariNya. Termasuk kedua mata bunga yg jadi buta. Bunga jadi legowo bahwa suatu saat nanti saat hari berbangkit, ketika tangan, kaki, dan anggota tubuh yg lain memberikan kesaksiannya akan apa yg telah diperbuat di dunia, bunga punya dalih mengapa ia tidak bisa menggunakan kedua matanya untuk menghafal firmanNYA.

Salah satu video panduan menghafal quran, klik di sini.

Semoga cerita bunga yg cantik ini mampu menggugah semangat kita yg bermata normal ini untuk memaksimalkan fungsinya, agar tidak memberatkan kita saat hari berbangkit nanti.

Wallahua’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s