Budak Masa Kini

Islam adalah agama yang turut serta menghapus sistem perbudakan kuno. Ada beberapa aturan hukum islam yang mewajibkan pembebasan budak sebagai kafarat yang harus dilakukan. Dalam buku petunjuk dari Sang Pencipta yang saya imani hingga saat ini, tertulis beberapa ayat mengenai budak, perbudakan, atau hamba sahaya.

Pada zaman dahulu, budak adalah pelayan berupa manusia, yang direndahkan harkat, harga diri, dan martabatnya dengan menjadi budak. Dijual, diperintah, diperdagangkan, bagai hewan berbentuk manusia.

slave-mentality-1

Ada beberapa ayat dalam kitab suci saya yang secara terang2an menyuruh para manusia yang mengimaninya untuk memerdekakan budak yang dimilikinya. Bahkan beberapa aturan hukum dalam kitab tersebut (quran,red) mengharuskan pemerdekaan budak sebagai salah satu modus hukuman bagi yang mampu melakukannya.

QS al-balad (90) : 10-16
Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan, (jalan kebaikan dan keburukan)
Tetapi dia tiada menempuh jalan yang mendaki lagi sukar.
Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu?
(yaitu) melepaskan budak dari perbudakan,
atau memberi makan pada hari kelaparan,
(kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat,
atau kepada orang miskin yang sangat fakir.

Qs al-mujadalah (58) : 3-4
Orang-orang yang menzhihar isteri mereka, kemudian mereka hendak menarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak sebelum kedua suami isteri itu bercampur. Demikianlah yang diajarkan kepada kamu, dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Barangsiapa yang tidak mendapatkan (budak), maka (wajib atasnya) berpuasa dua bulan berturut-turut sebelum keduanya bercampur. Maka siapa yang tidak kuasa (wajiblah atasnya) memberi makan enam puluh orang miskin. Demikianlah supaya kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan itulah hukum-hukum Allah, dan bagi orang kafir ada siksaan yang sangat pedih.

Dalam masa akhir zaman saat ini, budak tak lagi berupa pembantu tanpa gaji, budak tak lagi berupa pelayan yang harus menuruti perintah tuannya. Hamba sahaya moderen bisa jadi adalah kita-kita ini. Manusia moderen saat ini banyak yang menghambakan dirinya pada pekerjaan, peralatan, kendaraan, manusia lain (keluarga, anak, istri), barang-barang, dan lain-lain. Dan lupa bahwasannya manusia “harus” hanya menghamba kepada Sang Penciptanya.

Memerdekakan budak saat ini bukanlah hal yang mustahil. Memerdekakan budak moderen adalah dengan menyerukan kepada para budak-budak teknologi, budak-budak pekerjaan, budak kekuasaan, dan budak-budak yang lain untuk sadar, menyadari, merdeka, dan merubah mind set mereka sehingga kembali hanya menghamba kepada Tuhannya.

Mari memerdekakan budak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s